MILLIKEN CONDUCTOR TAPING and ROTATING (behind the scene) part 02-B


Di pembahasan sebelumnya yaitu Milliken Conductor Vol.01 sudah diterangkan tentang proses pembuatan segment dengan prespriralled di mesin stranding rigid, serta penyatuan segment melalui proses Laying up di Vol.02-A (4 s.d 5 segment) mulai dari Payoff sampai dengan masuk area Lay Point / Cabling Point, termasuk pembahasan mengenai Phase Detector / Correction Angle sebagai penentu keberhasilan proses laying up (sayang sekali jika anda melewatkannya)

Tahap selanjutnya tidak terlalu sulit. Konduktor yang telah digabung akan dibungkus/diikat menggunakan Binding Tape, masuk ke Rotating Caterpillar lalu digulung di Take Up.

Gambar berikut menunjukkan gabungan Konduktor Milliken yang sudah cukup sempurna setelah konduktor keluar dari “Die”. Pengecekan diameter konduktor, ovality (kebulatan), scratch (goresan), dll perlu anda lakukan di tahap ini.

Anda dapat melihat garis warna hitam disela – sela segment bukan ? itu adalah Separator Tape yang berfungsi sebagai pemisah antar segment. Tape bisa menggunakan jenis Water Swellable Tape (untuk menahan air masuk) atau cukup dengan jenis Paper, tergantung design yang diminta.

Milliken after die

Gambar di bawah ini menjelaskan kembali lebih detail bagaimana Longitudinal Tape tersebut masuk bersama Segment melalui “Die”. Disebut longitudinal tape karena arah masuknya ke arah Axis – X disertai pilinan yang cukup panjang.

Separator Tape Into Die

TAPING HEAD

Taping Head berfungsi untuk membungkus (Conductor Wrapping) konduktor milliken yang sudah digabungkan menggunakan “Tape”, istilah lain adalah “Binding”, atau ada juga yang menggunakan istilah Eccentric Taping. Ilustrasi mesin digambarkan sebagai berikut (from : Pioneer machine)

Tape yang ditempatkan pada “Pad” (bagian piringan bulat) akan berputar dan melilit  konduktor yang masuk melalui lubang tengah.

TAPING HEAD

Dengan adanya tape, konduktor tidak mudah untuk bergeser saat diputar oleh Rotating Caterpillar. Kebulatan (Roundness) konduktor dapat lebih terjaga, selain itu tape akan melindungi gesekan dari “Belt Rotating Caterpillar”.

Untuk memperkuat daya ikat nya, dikenal istilah Overlap. Misalnya tape ukuran 50 mm dengan overlap 30 % sampai 50%, artinya tape yang diputar mengelilingi konduktor akan menimpa/menutup tape sebelumnya selebar 15 mm (30% x 50 mm). Sehingga tidak ada celah atau kerenggangan diantara tape tersebut.  Tape yang digunakan adalah jenis Semi Conductive.

Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah setting sudut tape dengan menyetel beberapa roller di dalam taping head tersebut. Sudut yang tidak tepat akan mengakibatkan tape menjadi keriput, terlipat dan tidak rata. Hal ini harus dihindari. Anda perlu memastikan bahwa hasil taping merata. Setting tension (ketegangan tape) juga perlu diperhatikan supaya tidak mudah kendor dan membantu merapatkan konduktor.

Ini adalah contoh wrapping setelah keluar dari Taping Head. Cukup merata dan overlapnya terlihat sempurna :

Milliken Taping, Wrapping

Setelah ditaping, konduktor akan masuk menuju Rotating Caterpillar.

ROTATING CATERPILLAR

Bagian mesin yang satu ini mempunyai tugas super berat, yaitu menarik keseluruhan segment yang sudah disatukan. Panjangnya bisa mencapai 5 sampai 6 meter untuk memperkuat gaya gesek pada konduktor. Dilengkapi belt karet untuk mencengkram dengan tekanan tertentu berdasarkan diameter konduktor yang ditarik. Rotating Caterpillar akan mencengkram dan menarik konduktor sambil berputar sesuai dengan panjang lay length sector prespiralled. Kekuatan tariknya bisa mencapai  2 ton lebih. Setting tekanan belt perlu diperhatikan untuk mencegah konduktor rusak atau oval. Thanks to Pourtier (perfect & powerful design)

Rotating Caterpillar

Seluruh sistem electric mulai dari Pay off, Phase Detector, Taping Head, Rotating Caterpillar dan tentunya Take up sebagai penggulung konduktor, haruslah sinkron (synchronized system). Ditopang dengan program PLC menggunakan Process Control Siemens  S7 (SIMATIC S7, automation), membuat proses Milliken laying up menjadi lebih sempurna dan terjaga kualitasnya. Program pendahulunya adalah SIMATIC S5Keunggulan dari SIMATIC S7 adalah software nya sudah under Windows, serta lebih komunikatif karena bisa berkomunikasi dengan HMI. Didalamnya terdapat Profibus yang berguna untuk komunikasi antar Drive atau antara Drive dengan PLC.

Untuk mengecek dan merubah program di mesin, anda cukup duduk di meja dengan laptop dan saluran Wifi (serta secangkir kopi pahit & rokok Djarum Super…) maka seluruh tampilan program sudah dapat dibaca, dimodifikasi dan diperbaharui. Tidak seperti teknologi terdahulu, anda harus membawa laptop dan kabel ke panel kontrol. Lebih luar biasa lagi….anda dapat mengontrol mesin dari mana saja bahkan dari luar negeri selama ada sambungan internet (tentunya dilengkapi password atau akses masuk jaringan ke mesin).

Jika anda adalah Electrical Engineer, pastikan menguasai ini, jika tidak, maka anda akan tertinggal….(ayo belajar….silahkan daftar ke Siemens untuk training)

Setelah konduktor melalui rotating caterpillar, kemudian digulung oleh Take up dengan dengan tension secukupnya (untuk mengimbangi saja). Traversing dapat diatur sedemikian sehingga gulungan pada drum rapat, tanpa celah. Kemampuan beban pada take up bisa mencapai 30 ton lebih tergantung type dan size konduktor/kabel yang dibuat.

Berikut adalah salah satu contoh hasil laying up milliken conduktor dipotong dengan mesin gergaji.

Milliken Laying up example

(Before)

Dan ini  adalah hasilnya setelah dilanjutkan ke proses extrusion menggunakan mesin extruder CCV – Line. Dengan adanya tekanan tinggi dari gas nitrogen saat proses insulation, konduktor terlihat lebih padat. Total Size konduktor adalah 1600 mm2. Great Job….!!!

Milliken Conductor 1600 mm2

Milliken Conductor 1600 mm2 (Very nice)

(After)

Proses selanjutnya yang tidak kalah menantang adalah proses ekstrusi di mesin extruder dengan sistem Catenary Continuous Vulcanizing atau disingkat mesin CCV line (from : NOKIA MAILLEFER). Bagian – bagian mesin lebih banyak lagi, sistem kontrolnya lebih rumit, panjang machine line bisa mencapai 200 meter dan memerlukan setidaknya 3 lantai gedung untuk memasang mesin ini….

So…pastikan anda tidak melewatkan pembahasannya, hanya di….ILMUKABEL

Don’t forget to share this article okay….thanks bro…

ILMUKABEL LIVE LOGO

 

Advertisements

Berikan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: